Karya Nusatama: Alat Pengukur Kedalaman Laut

Alat Pengukur Kedalaman Laut

Beberapa alat yang digunakan untuk mengukur kedalaman Laut
Sonar dan echo-sounder  
Salah satu aplikasi dari sistem aplikasi aktif yaitu Sonar yang digunakan untuk penentuan batimetri. Sonar (Sound Navigation And Ranging): Berupa sinyal akustik yang diemisikan dan refleksi yang diterima dari objek dalam air (seperti ikan atau kapal selam) atau dari dasar laut. Bila gelombang akustik bergerak vertikal ke dasar laut dan kembali, waktu yang diperlukan digunakan untuk mengukur kedalaman air, jika c juga diketahui (dari pengukuran langsung atau dari data temperatur, salinitas dan tekanan). Ini adalah prinsip echo-sounder yang sekarang umum digunakan oleh kapal-kapal sebagai bantuan navigasi. Echo-sounder komersil mempunyai lebar sinar 30-45o vertikal tetapi untuk aplikasi khusus (seperti pelacakan ikan atau kapal selam atau studi lanjut dasar laut) lebar sinar yang digunakan kurang 5o dan arahnya dapat divariasikan. Walaupun menunjukkan pengaruh temperatur, salinitas dan tekanan pada laju bunyi dalam air laut (1500 ms-1) relatif kecil dan sedikit perubahan pada c dapat menyebabkan kesalahan pengukuran kedalaman dan kesalahan sudut akan menambah keburukan resolusi.
Teknik echo-sounding untuk menentukan kedalaman dan pemetaan dasar laut bertambah maju dengan berkembangnya peralatan sonar seperti SeaBeam dan Hydrosweep yang merupakan sistem echo-sounding multi-beam yang menentukan kedalaman air di sepanjang swath lantai laut di bawah kapal penarik, menghasilkan peta-peta batimetri yang sangat detail. Sidescan imaging system, sperti GLORIA (Geological Long Range Inclined Asdic), SeaMARC, dan TOBI (Towed Oceand Bottom Instrument) menghasilkan fotografi aerial yang sama atau citra-citra radar, menggunakan bunyi atau microwave.  Echo-sounding banyak juga digunakan oleh nelayan karena ikan menghasilkan echo, dan kawanan ikan atau hewan lain dapat dikenali sebagai lapisan-lapisan sebaran dalam kolom air (Supangat, 2003).

Echosounder adalah alat untuk mengukur kedalaman air dengan mengirimkan tekanan gelombang dari permukaan ke dasar air dan dicatat waktunya sampai echo kembali dari dasar air.




Adapun kegunaan dasar dari echosounder yaitu menentukan kedalaman suatu perairan dengan mengirimkan tekanan gelombang dari permukaan ke dasar air dan dicatat waktunya sampai echo kembali dari dasar air. Data tampilan juga dapat dikombinasikan dengan koordinat global berdasarkan sinyal dari satelit GPS yang ada dengan memasang antena GPS (jika fitur GPS pada echosounder ada).

Teknik echo sounder yang dipakai untuk mengukur kedalaman laut, bisa dibuat alat  pengukur jarak dengan ultra sonic. Pengukur jarak ini memakai rangkaian yang sama dengan Jam Digital dalam artikel yang lalu, ditambah dengan rangkaian pemancar dan  penerima Ultra Sonic.
                                                       
Hydrographic Echosounder


Prinsip kerja echo sounder untuk pengukuran jarak digambarkan dalam . Pulsa Ultrasonic, yang merupakan sinyal ultrasonic dengan frekwensi lebih kurang 41 KHz sebanyak 12 periode, dikirimkan dari pemancar Ultrasonic. Ketika pulsa mengenai benda penghalang, pulsa ini dipantulkan, dan diterima kembali oleh penerima Ultrasonic. Dengan mengukur selang waktu antara saat pulsa dikirim dan pulsa pantul diterima, jarak  antara alat pengukur dan benda penghalang bisa dihitung.

Sumber : http://ebycomot.blogspot.co.id/


Depth Sounder 
Salah satu produk terbaru yang mulai dipasarkan di Indonesia
Penggunaan sangat mudah ketika sedang dalam kapal . Berukuran relatif kecil, Deth sounder untuk pengukur kedalaman air ini unik, sangat akurat dan memiliki kualitas yang sangat tinggi . Hal ini berguna untuk siapapun yang sedang berlayar , memancing , scuba diving , survei pesisir , dan karya ilmiah .

0 komentar:

Posting Komentar

Alamat Kantor

Jl.Jeruk Purut No.52 Rt.003/03,
Kelurahan Cilandak Timur
Kec.Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Kode Pos: 12560.

Hubungi Kami

Senin - Sabtu | 08.00 - 17.00 WIB
Hotline : 081223989651
Marketing 1 WA/Tlp: 085880111657
Marketing 2 WA/Tlp: 085701550255

Email : sales@tokokaryanusatama.com
Email : yogakarya3@gmail.com
Copyright © 2013. Masgus-store Premium Free - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by IdBlogsite